Penggunaan OBJEK – dalam Bahasa Inggris

Latihan mengembangkan Vocabulary

Contoh : Buah = Fruit
Kata yang berhubungan :

* Mangga = mango
* Nanas = pineapple
* Jeruk = orange
* Nangka = jackfruit

Sayur = vegetable
Kata yang berhubungan :

* Wortel = carrot
* Bayam = spinach
* Kubis = cabbage
* Mentimun = cucumber

Orang = person

* Orang laki-laki = man
* Orang perempuan = woman
* Anak-anak = child
* Anak laki-laki = boy

Anda bisa memulai latihan ini dengan melihat ruangan sekitar anda berada misal di kantor,sekolah,kampus, ruang tidur, kamar mandi dsb. Coba catat dan cari padanannya dalam Bahasa Inggris.
Hal yang penting adalah jangan berpikir dengan pola pikir menterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, tetapi anggaplah bahwa anda sedang menemukan suatu ISTILAH LAIN untuk sebuah benda.
Misal anda melihat sebuah MEJA, anda sebut itu sebuah meja….cobalah untuk berpikir seperti ini, Jika Pangeran Charles melihat benda ini dia menyebutnya dengan istilah apa? TABLE! nah sekarang anda punya istilah lain untuk meja, meja bisa juga disebut dengan TABLE. Jadi pola pikir anda bukan lagi menterjemahkan Meja = table , tetapi benda berkaki empat dengan ada papan di atasnya namanya adalah TABLE.
Ingat-ingat….BAHASA HANYALAH SEBUAH BUNYI YANG DIBERI ARTI
Vocabulary/perbendaharaan kata bisa dikembangkan dengan cara sbb:

1. Mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkannya dalam Istilah Bahasa Inggris.
2. Menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris dan berusaha mengartikannya.
3. Latihan seperti di latihan 17.
4. Pengembangan latihan 17

* Ambil 1 kata misal Type (mengetik) , 4 kata yang berhubungan adalah Typewriter (mesin ketik), Typist (juru ketik) , write (menulis) , Ink ( tinta)
* Dari 4 kata di atas ambil 1 kata lagi misal Typist (juru ketik) , 4 kata yang berhubungan adalah Office (kantor), work (bekerja), Secretary (sekretaris) , Letter (surat)

Berusahalah untuk mencari istilah Bahasa Inggris di setiap waktu, tidak usah menargetkan berpa kata per hari, yang penting setiap kata yang anda dapatkan usahakan digunakan sesering mungkin.
Sampai hari ini kita sudah belajar tentang unsur S-P-O-K, terdiri dari pronoun,verb, noun, sebelum kita lanjutkan pada adverb (kata keterangan) yang merupakan unsur dari K, kita akan mengulas tentang KATA KERJA BANTU (auxiliary verb). Untuk kali ini adalah tentang TO BE (am,is,are)

Apakah sebenarnya kata kerja bantu itu?
sudah dijelaskan bahwa ada 2 jenis kalimat yaitu KALIMAT YANG PREDIKATNYA KATA KERJA (verbal) dan KALIMAT YANG PREDIKATNYA BUKAN KATA KERJA (nominal).
contoh : I do my homework (kalimat verbal)

Nah sekarang bagaimana dengan kalimat ini , Saya adalah seorang guru.
Kalimat di atas tidak mengandung kata kerja.
Secara mudah kita bisa terjemahkan sebagai I a teacher.
Kalimat di atas bisa dimengerti oleh siapapun tapi secara susunan tidak sempurna karena tidak ada predikat pada kalimat tersebut

Untuk membuat kalimat tersebut sempurna harus dibantu oleh sebuah kata kerja, yang disebut dengan KATA KERJA BANTU yang tugasnya adalah melengkapi kalimat yang tidak mempunyai kata kerja (predikat).

KATA KERJA BANTU yang dimaksud adalah TO BE yang terdiri dari 3 yaitu

* AM
* IS
* ARE

Jadi dalam kalimat I-( )- a teacher , kita sisipkan salah satu unsur TO BE yaitu AM
menjadi I-AM-a TEACHER.

AM_IS_ARE tidak dipergunakan di kalimat yang ada kata kerjanya kecuali di PRESENT CONTINUOUS TENSE, past participle, passive voice(akan dipelajari lebih lanjut)

Jadi jangan sampai ada kalimat seperti I am go to the market, You are write a letter.

Penggunaan AM-IS -ARE selalu dikaitkan dengan SUBYEKnya

I———-> AM
You——-> ARE
They——>ARE
WE——–>ARE
SHE——->IS
HE——–> IS
IT———>IS

Kata kerja bantuyang lain adalah TO DO dan TO HAVE
Sekarang coba isi latihan berikut ini dengan AM, IS , ARE

1. I ( ) a nurse (perawat)
2. She ( ) a type writer(juru ketik)
3. He ( ) a policeman (polisi)
4. They ( ) students (pelajar)
5. We ( ) teachers (guru)
6. Santi ( ) a salesgirl (wiraniaga)
7. Anto and Andi ( ) volleyball players ( pemain bola voli)
8. Sani and I ( ) bloggers
9. Willy ( ) a doctor (dokter)
10. Wawan and Ani ( ) shop keepers (penjaga toko)

Sebelum mengisi coba perhatikan tanda ( ), ruang kosong ini adalah predikat , tetapi karena tidak ada KATA KERJA dalam kalimat ini , maka posisinya digantikan oleh KATA KERJA BANTU yaitu AM, IS, ARE. Bentuk kalimat seperti ini disebut kalimat Nominal

Jawaban / Answers : am,is,is,are,are,is,are,are,is,are

Bedakan bentuk kalimat di atas dengan kalimat-kalimat di bawah ini :

* I-buy-a bag
* They-break-the law
* We-visit-the hospital
* She-watches-the television

Kata yang bercetak tebal adalah KATA KERJA (verb), bentuk kalimat seperti ini disebut dengan KALIMAT VERBAL. Anda harus benar-benar bisa membedakan 2 jenis kalimat ini agar tidak bingung dalam penggunaannya.
Selain am-is-are (to be), kata kerja bantu yang lain adalah TO DO.

DO di sini lain dengan DO sebagai kata kerja yang artinya mengerjakan.

DO mempunyai bentuk lain yaitu DOES

DO/DOES digunakan untuk membantu kalimat yang berbentuk NEGATIF atau INTERROGATIVE (kalimat tanya)

DO/ DOES digunakan untuk PRESENT TENSE.

Contoh kesalahan umum :

+ I do my homework
– I do not my homework ( seharusnya I do not do my homework)

DO mengikuti They,We, I, YOU
DOES mengikuti SHE, HE,It

Tentang ncuzz

centil, mungil, kecil, kiwil, suka ngupil :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s